MERANA

FEATURE (by Manik sebagai tugas pelatihan jurnalistik pengelolaan blog bpp)

MERANA

         Hampir bisa dipastikan kalau setiap musim MK I hal ini selalu terjadi. Dan bisa dipastikan pula selalu ada pertanyaan kenapa, mengapa, bagaimana? Pada areal pertanaman padi yang baru ditanam, yang tadinya hijau tiba-tiba terlihat mulai menguning, daun-daun mulai berwarna coklat dan akhirnya habis.
       Melihat kondisi ini tentu saja petani mulai bingung dan bertanya-tanya serta berusaha mengatasinya dengan berbagai cara. Apakah karena kurang pupuk? Dengan buru-buru petani menaburkan pupuk, biasanya Urea yang banyak mengandung unsur N. Tahu apa yang terjadi kemudian, tanaman padi bukannya menjadi hijau tetapi malah bertambah kuning. Apakah karena ada hama penyakit? Dengan cepat petani menyemprotkan pestisida yang sudah dikenalnya tanpa membaca pestisida itu untuk hama atau penyakit apa. Tanaman padi bukannya pulih sehat, tetapi tetap saja menguning Petani biasa menyebutnya dengan "ambles" Sebab-musababnya "ambles" saja belum tahu, bagaimana bisa mengatasi?
      Ambles, biasanya terjadi pada petak sawah yang pembuangan airnya tidak lancar. Artinya air menggenang tidak mendapat masukkan juga tidak dapat keluar dari petakan. Kondisi seperti ini membuat tanah "kondor" tidak bisa padat dan zat-zat didalam tanah bukannya berguna bagi tanaman tetapi malah menjadi racun. Hal ini menyebabkan akar padi tidak dapat melekat kuat dalam tanah dan tidak dapat menyerap makanan. Akibatnya akar menguning seperti karatan dan bisa dipastikan daun mulai menguning.
       Banyak cara sudah dicoba petani untuk mengatasi ambles dengan hasil lebih baik. Petani yang sudah pengalaman tidak akan buru-buru melakukan pemupukan setelah tanam. Pembuatan selokan atau parit sekeliling petakkan akan sangat membantu air berkumpul dipinggir. Selain itu penggunaan ZnSO4, yaitu bahan kimia berbentuk butiran yang sudah banyak tersedia dikios pertanian akan membantu memulihkan tanaman padi dengan efektif sampai umur maksimal bulan. Penggunaan pupuk cair yang banyak mengandung unsur Zn dengan aplikasi semprot juga baik untuk pemulihan. Memang seharusnya makanan diberikan lewat daun karena akar sedang dalam masalah.
         Selain itu dalam jangka panjang, penggunaan pupuk organik atau pupuk kandang 2 ton/ha yang sudah matang akan merawat atau meremajakan tanah. Hal ini akan membuat tanah menjadi lebih sehat.

Komentar

  1. itulah keadaan, potensi dan masalah. Bila kondisi ini dapat kita atasi tentu akan sangat mendukung ketahanan pangan di wilayah

    BalasHapus
    Balasan
    1. komentar kedua dari susianti80@gmail.com

      bukan hanya merana,non.tetapi mengenaskan,he..he
      mudah-mudahan gambar dan postingan ini mewakili penyemangatkinerja penyuluh dan mantri pertanian

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Musuh Alami (Predator) pada Tanaman Padi

URET PADI